Minggu, 02 Oktober 2016

PROGRAM TAHUNAN PEMBELAJARAN

PROGRAM TAHUNAN

SEKOLAH                          :  SMP Negeri
MATA PELAJARAN        :  MATEMATIKA   
KELAS                                :  VIII- 2
TAHUN PELAJARAN    :  2012/2013                       
SEMESTER
NO
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR,ULANGAN HARIAN DAN UJIAN TANGGAL SEMESTER
ALOKASI WAKTU
1
2
3
4
I
1
ALJABAR
1.Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus


1.1    Melakukan operasi aljabar
6 X 40’

1.1.1Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar


1.1.2Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar


UH


1.2   Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
6 X 40’

1.2.1Menentukan faktor suku aljabar


1.2.2Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya


UH


1.3 Memahami relasi dan fungsi
8 X 40’

1.3.1  Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi


1.3.2   Menyatakan suatu fungsi dengan notasi


UH


1.4   Menentu kan nilai fungsi
6 X 40’

1.4.1 Menghitung nilai fungsi


1.4.2Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui


UH


1.5   Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
5 X 40’

1.5.1Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi


1.5.2  Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius


UH


1.6   Menentu kan gradien, persamaan dan grafik garis lurus
8 X 40’

1.6.1  Mengenal pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk


1.6.2  Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu


1.6.3  Menggambar grafik garis lurus


UH

2
ALJABAR
2Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah


2.1   Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel
6 X 40’

2.1.1   Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV


2.1.2Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel


2.1.3Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi


UH


2.2   Membuat model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel


2.2.1  Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
6 X 40’

UH


2.3  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya


2.3.1  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
8 X 40’

2.3.2  Menyelesaikan SPLDV dengan menggunakan grafik garis lurus


UH

3
GEOMETRI DAN PENGUKURAN  
3.    Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah


3.1    Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
8 X 40’

3.1.1Menemukan Teorema Pythagoras


3.1.2Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui


3.1.3Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600)


UH


3.2    Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
7 X 40’

3.2.1Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa


3.2.2Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegipanjang, belah- ketupat, dsb


UH


UH
11 X 40’

EVALUASI
6 X 40’

JUMLAH
91 X 40’

1
2
3
4
II
4
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4.Menentukan unsur,    bagian  lingkaran serta ukurannya


4.1 Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran


4.1.1Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng.


UH


4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran


4.2.1Menemukan nilai phi


4.2.2Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran


4.2.3Menghitung keliling dan luas lingkaran.


UH


4.3   Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah


4.3.1Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama


4.3.2Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.


4.3.3Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng.


4.3.4Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah


UH


4.4   Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran


4.4.1Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.


4.4.2Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.


4.4.3Menentukan  panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar


UH


4.5   Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga


4.5.1 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga


UH

5
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya


5.1    Mengiden tifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya


5.1.1   Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal.


UH


5.2    Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas


5.2.1Membuat jaring-jaring
a.  kubus
b.  balok
c.  prisma tegak
d.  limas


UH


5.3    Menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok, prisma dan limas


5.3.1Menemukan rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak


5.3.2Menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas


5.3.3Menentukan rumus volum kubus, balok, prisma, limas


5.3.4 Menghitung volume kubus, balok, prisma, limas.


UH


EVALUASI


JUMLAH KESELURUHAN






                                                                                                                        Sitolu Ori,  Juli 2012
Mengetahui,                                                                                                                                                                       
Kepala Sekolah,                                                                                               Guru Mata pelajaran,





Tidak ada komentar:

Posting Komentar