PROGRAM TAHUNAN
SEKOLAH : SMP
Negeri
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : VIII- 2
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
SEMESTER
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR/INDIKATOR,ULANGAN HARIAN DAN UJIAN TANGGAL SEMESTER
|
ALOKASI WAKTU
|
1
|
2
|
3
|
4
|
I
|
1
|
ALJABAR
1.Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
|
|
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
6
X 40’
|
|
|
1.1.1Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk
aljabar
|
|
|
|
1.1.2Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada
bentuk aljabar
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya
|
6
X 40’
|
|
|
1.2.1Menentukan faktor suku aljabar
|
|
|
|
1.2.2Menguraikan bentuk aljabar ke dalam
faktor-faktornya
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
1.3 Memahami relasi dan
fungsi
|
8 X 40’
|
|
|
1.3.1 Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
|
|
|
|
1.3.2 Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
1.4 Menentu kan nilai fungsi
|
6 X 40’
|
|
|
1.4.1 Menghitung nilai fungsi
|
|
|
|
1.4.2Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data
fungsi diketahui
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
1.5
Membuat sketsa grafik fungsi aljabar
sederhana pada sistem koordinat Cartesius
|
5 X 40’
|
|
|
1.5.1Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai
fungsi
|
|
|
|
1.5.2 Menggambar grafik fungsi pada koordinat
Cartesius
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
1.6 Menentu kan gradien, persamaan dan grafik
garis lurus
|
8
X 40’
|
|
|
1.6.1 Mengenal pengertian dan menentukan gradien
garis lurus dalam berbagai bentuk
|
|
|
|
1.6.2 Menentukan persamaan garis lurus yang
melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
|
|
|
|
1.6.3 Menggambar grafik garis lurus
|
|
|
|
UH
|
|
|
2
|
ALJABAR
2Memahami
sistem persamaan linear dua variabel dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
|
|
|
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua
variabel
|
6 X 40’
|
|
|
2.1.1 Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
|
|
|
|
2.1.2Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan
variabel
|
|
|
|
2.1.3Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan
eliminasi
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
2.2 Membuat
model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dua variabel
|
|
|
|
2.2.1 Membuat model matematika dari masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
|
6 X 40’
|
|
|
UH
|
|
|
|
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
|
|
|
2.3.1 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
8
X 40’
|
|
|
2.3.2 Menyelesaikan SPLDV dengan menggunakan
grafik garis lurus
|
|
|
|
UH
|
|
|
3
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan
Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
|
|
|
|
3.1 Menggunakan
Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
|
8
X 40’
|
|
|
3.1.1Menemukan Teorema Pythagoras
|
|
|
|
3.1.2Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika
dua sisi lain diketahui
|
|
|
|
3.1.3Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga
siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600)
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang
berkaitan dengan Teorema Pythagoras
|
7
X 40’
|
|
|
3.2.1Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga
siku-siku istimewa
|
|
|
|
3.2.2Menghitung
panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegipanjang, belah-
ketupat, dsb
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
UH
|
11
X 40’
|
|
|
EVALUASI
|
6 X 40’
|
|
|
JUMLAH
|
91
X 40’
|
1
|
2
|
3
|
4
|
II
|
4
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4.Menentukan unsur, bagian
lingkaran serta ukurannya
|
|
|
4.1 Menentu kan unsur dan
bagian-bagian lingkaran
|
|
|
|
4.1.1Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian
lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring
dan tembereng.
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
|
|
|
|
4.2.1Menemukan nilai phi
|
|
|
|
4.2.2Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran
|
|
|
|
4.2.3Menghitung keliling dan luas lingkaran.
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang
busur, luas juring dalam pemecahan masalah
|
|
|
|
4.3.1Mengenal
hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
|
|
|
|
4.3.2Menentukan besar sudut keliling jika menghadap
diameter dan busur yang sama.
|
|
|
|
4.3.3Menentukan panjang busur, luas juring dan luas
tembereng.
|
|
|
|
4.3.4Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur,
luas juring dalam pemecahan masalah
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
4.4 Menghitung panjang garis
singgung persekutuan dua lingkaran
|
|
|
|
4.4.1Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis
singgung dan garis yang melalui titik pusat.
|
|
|
|
4.4.2Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan
persekutuan luar dua lingkaran.
|
|
|
|
4.4.3Menentukan
panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar
suatu segitiga
|
|
|
|
4.5.1 Melukis lingkaran
dalam dan lingkaran luar segitiga
|
|
|
|
UH
|
|
|
5
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5. Memahami sifat-sifat
kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
|
|
|
|
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta
bagian-bagiannya
|
|
|
|
5.1.1
Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas
: rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal.
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok,
prisma dan limas
|
|
|
|
5.2.1Membuat jaring-jaring
a. kubus
b. balok
c. prisma tegak
d. limas
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
5.3 Menghitung luas permukaan dan volume
kubus,balok, prisma dan limas
|
|
|
|
5.3.1Menemukan rumus luas permukaan kubus, balok,
limas dan prisma tegak
|
|
|
|
5.3.2Menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma
dan limas
|
|
|
|
5.3.3Menentukan rumus volum kubus, balok, prisma,
limas
|
|
|
|
5.3.4 Menghitung volume
kubus, balok, prisma, limas.
|
|
|
|
UH
|
|
|
|
EVALUASI
|
|
|
|
JUMLAH KESELURUHAN
|
|
Sitolu Ori,
Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata pelajaran,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar