RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
|
Satuan
Pendidikan : SMPN 1 Sitolu Ori T ahun Pelajaran :
2011/2012
Mata
pelajaran : Matematika Alokasi waktu : 6 x 40’
Kelas/semester : VIII/1 Pertemuan ke : I, II, dan III
A.
Standar Kompetensi
|
1.
Memahami bentuk aljabar,
relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
|
B.
Kompetensi Dasar
|
1.1 Melakukan operasi aljabar
|
C.
Indikator
|
·
Menyelesaikan
operasi tambah, kurang, pada bentuk aljabar
·
Menyelesaikan
operasi kali,bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar.
|
D.
Tujuan Pembelajaran
|
·
Siswa dapat menjelskan
pengertian vriabel, konstanta, koefisien, suku,dan suku sejenis.
· Siswa dapat menentukan variable,konstanta, koefisien,suku,dan suku
sejenis melalui contoh
· Siswa dapat
membedakan suku sejenis dan suku tak sejenis.
· Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung
pada bentuk aljabar.
|
E.
Materi Pembelajaran
|
Bentuk Aljabar
|
F.
Karakter Bangsa
|
Kreatif, mandiri, displin.
|
G.
Model Pembelajaran
|
· Diskusi
· Tanya jawab
· Penugasan
|
H.
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Pertemuan ke I (2 x 40’)
No
|
Langkah
|
Tahapan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
|||
1
|
Kegiatan awal
|
1. Mengucapkan salam: Selamat pagi,
|
Sahutan,
selamat pagi
|
0,5’
|
2. Memotivasi siswa dalam belajar
dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3. Menyampaikan materi
pelajaran mengenai operasi dalam bentuk aljabar.
|
Memperhatikan apa yang disampaikan guru
|
3,5’
|
||
4.
Melakukan apersepsi melalui
pertanyaan
a.
Apa yang dimaksud dengan variabel,koefisien, konstanta, dan suku
banyak
|
Jawaban
siswa diharapkan:
·
Dapat memahami serta membedakan yang dimaksud
dengan variabel, koefisien,konstanta,dan suku banyak
|
4’
|
||
2
|
Kegiatan inti
|
·
Memahami penjelasan guru
|
10’
|
|
5.
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi
yang telah dipelajari atau
masing-masing siswa mempresentasikan hasil belajarnya
2. Pemberian skor
terhadap hasil kerja siswa dan memberikan kriteria penghargaan terhadap siswa
yang dipandang kurang berhasil dalam menyelesaikan tugas
|
·
Siswa memahami penjelasan guru tentang materi
pembelajaran
·
Setiap siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru
|
54’
|
||
·
Masing siswa melaporkan keberhasilannya dengan
mempresentasikan hasil kerjanya
·
Siswa yang lain menanggapinya
·
Siswa memberikan pertanyaan yang kurang
mengerti.
|
||||
3
|
Kegiatan akhir
|
1. Menyampaikan beberapa
penegasan terhadap materi dan mengarahkan siswa untuk membuat
kesimpulan.
|
Membuat
kesimpulan dari materi yang baru dipelajari
|
5’
|
2.
Memberikan latihan mandiri/ tugas di rumah
|
Mencatat
tugas dan mengerjakan di rumah
|
2,5’
|
||
3. Mengucapkan salam penutup;
selamat siang
|
Sahutan,
selamat siang
|
0,5’
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar